Bunga Potong Agar Tetap Segar

Cara Mengawetkan Bunga Potong Agar Tetap Segar

Diposting pada

Berbagai Cara Mengawetkan Bunga Potong Agar Tetap Segar

Anda tentunya sangat senang jika diberi bunga oleh seseorang, apalagi orang yang spesial. Pastinya ada keinginan untuk mengawetkan bunga tersebut agar dapat selalu terlihat segar dan cantik menghiasi ruang dan mengingatkan pada kenangan indah saat diberikannya bunga.

Tenang saja, aliciaflorist.com akan membarikan berbagai cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa mengawetkan bunga potong dari orang spesial. Cara-cara tersebut pun menggunakan bahan dan langkah yang mudah. Jadi bunga Anda dapat selalu tampil segar.

Menggunakan Gula

Cara pertama yang bisa Anda tempuh untuk mengawetkan bunga adalah menggunakan gula. Cara kerjanya yaitu gula dapat menjadi pupuk alami untuk bunga, terutama bunga mawar. Jadi dapat bertahan lebih lama.

Namun jika dibiarkan terlalu lama, larutan gula dapat mengkristal dan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Jadi Anda perlu menggantinya secara rutin setiap satu atau dua hari sekali agar bunga tetap segar.

Cara menggunakan gula sebagai metode untuk mengawetkan bunga pun cukup mudah. Anda tinggal melarutkan ¼ sendok makan gula ke air yang sudah diisikan ke pot bunga. Lalu aduk hingga merata sampai menjadi larutan gula. Maka bunga potong Anda dapat awet dan tampil segar.

Menggunakan Aspirin

Dikenal sebagai obat, ternyata aspirin juga bisa menjadi pilihan alternatif Anda untuk mengawetkan bunga pemberian dari orang yang spesial. Cara kerjanya yaitu asam salisilat dalam aspirin mendukung pertahanan dari sel tumbuhan. Selain itu, kandungannya dapat mencegah tumbuhnya bakteri sehingga bunga tidak akan layu.

Cara menggunakan aspirin sebagai metode untuk mengawetkan bunga tidak susah. Pertama, hancurkan beberapa pil aspirin sampai menjadi serbuk. Kemudian larutkan kedalam air yang akan diletakkan di pot bunga. Aduk sampai merata. Lalu masukkan ke pot bunga. Anda perlu mengganti air aspirin secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

Menggunakan Gliserin

Selain memiliki manfaat baik di produk kosmetik dan kecantikan, ternyata gliserin juga bisa digunakan untuk mengawetkan bunga. Cara kerja dari bahan ini yaitu dengan menyerap udara dan air atau kelembapan dalam bunga, sehingga mencegah bunga membusuk.

Cara menggunakan gliserin untuk mengawetkan bunga, pertama yaitu buat larutan gliserin dengan air, perbandingan 1 : 2. Kemudian rebus larutan tersebut sampai gliserin tercampur rata. Tunggu larutan dingin dan tuangkan ke dalam pot bunga yang ingin diawetkan.

Anda perlu merendam bunga dalam gliserin kira-kira 6 minggu. Kemudian ambil bunga tersebut dan balikkan agar gliserin dapat menyerap secara merata. Maka metode pengwetan menggunakan gliserin dapat dipastikan berhasil.

Menggunakan Haispray

Anda juga bisa menggunakan hairspray untuk mengawetkan bunga. Cara kerjanya yaitu hairspray mempertahankan kekokohan sel tumbuhan meskipun tidak selama bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas.

Ketika ingin menggunakannya, Anda hanya perlu menyemprotkannya pada kelopak bunga secara merata satu sampai dua kali dalam sehari. Namun jangan terlalu banyak, karena dapat merusak bunga itu sendiri.

Mengeringkan Bunga

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga dapat melakukan metode pengeringan bunga agar bunga tersebut tetap awet sampai kapanpun. Untuk mengeringkan bunga, Anda bisa menggunakan beberapa metode, di antaranya yaitu : microwave, setrika tanpa air, bahkan silica gel.

Metode pengeringan bisa dikatakan lebih menjanjikan daripada metode-metode sebelumnya. Hal ini karena hasilnya dapat bertahan lebih lama dan warnanya bisa tetap cantik. Jadi Anda tidak perlu khawatir bunga akan tetap layu meskipun sudah berusaha di awetkan.